Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips Sebelum Uji Kompetensi Perawat (Ukom)

7 Tips Sebelum Uji Kompetensi Perawat (Ukom) - Sepengetahuan saya Uji Kompetensi Perawat adalah proses untuk mengukur ketrampilan, pengetahuan dan sikap tenaga kesehatan sesuai standar profesi, dan yang dibahas disini adalah perawat, demi menjamin setiap perawat memiliki kompetensi yang dipersyaratkan sebelum melaksanakan praktik keperawatan,  pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Menteri Kesehatan No. 1796 tentang Registrasi Tenaga Kesehatan.


Tidak dipungkiri dalam uji kompetensi perawat ini ada yang pro dan juga ada yang kontra, banyak pertanyaan tentang uji kompetensi perawat indonesia masalah ataukah solusi? muncul juga pertanyaan apa sih manfaat uji kompetensi perawat? nah dari banyak pertanyaan itu sudah ada jawabannya kan? adalah proses untuk mengukur ketrampilan, pengetahuan dan sikap tenaga kesehatan sesuai standar profesi.

Sekarang lanjut ke 7 Tips Sebelum Uji Kompetensi Perawat (Ukom) :

1. Kurangi keluar rumah yang tidak penting
Hal ini wajib untuk dikurangi, karena keluar rumah yang tidak penting kadang kita bertemu dengan orang yang tidak di inginkan, misal bertemu dengan seseorang yang tidak baik, sehingga kita ikut-ikut sesuatu yang tidak baik.

2. Kurangi nonton tv
Wajib juga mengurangi hal yang satu ini, karena kalau sedang keasyikan nonton tv bisa menyebabkan kita malas, iya kalau yang kita tonton sesuatu yang mendidik, kalau tidak?

3. Kurangi main game
Nah yang satu ini yang namanya virus malas, game, lebih dari nonton tv, kalau main game kita bahkan bisa lupa dengan segalanya, pengalaman pribadi juga sih hehe

4. Kurangi sosialita
Tak berbeda dengan Tv dan game, kalau di peringkatkan sih game dan sosialita hampir sama, tapi kalau menurut pengamatan saya, sosialita lebih dari game, game bisa jenuh, kalau sosialita terus berkembang, jadi lebih berbahaya sosialita sih efek kecanduannya, dan itu membuat malas belajar.

5. Perbanyak dzikir dan berdoa
Dengan berdzikir dan berdoa, lebih menenangkan hati kita, dengan begitu kita belajar bisa lebih tenang dan masuk kedalam fikiran.

6. Perbanyak Belajar
Nah ini yang penting, perbanyaklah belajar, akan tetapi belajar yang efektif, tidak hanya belajar membaca seharian, pasti bosan, cukup aja, sedikit tapi sering seperti rencana asuhan keperawatan itu sedikit tapi sering hehe

7. Jangan Lupa doa restu dari orang tua
Nah kalau yang ini yang paling penting, doa dan restu orang tua, ini yang paling manjur, jangan sampai melupakan hal ini.

Kurang lebih begitulah 7 Tips Sebelum Uji Kompetensi Perawat (Ukom), semoga bermanfaat :)